ECO Racing Lolos uji Dyno Test Power

Lolos Uji Dyno Test Power dan Torque

 

Sebelum membicarakan lebih lanjut soal Uji Dyno Test nya ECO Racing. Mari kita pahami dulu apa itu yang dimaksud Dyno Test dan bagaimana prosedur pengujiannya. Dynotest merupakan suatu metode pengujian performa pada mesin kendaraan mobil atau sepeda motor dengan cara melihat power (tenaga) dan torque (torsi). Dengan tujuan untuk mengetahui performa maksimal mesin pada semua kendaraan.

 

dyno test eco racing

Artikel lainnya : Cara Peningkatan dan Pengertian Oktan

Torsi pada Mobil adalah kemampuan mesin untuk emutar engkol silinder dengan panjang poros 1 meter untuk menggerakkan atau memindahkan mobil maupun sepeda motor dari kondisi diam sampai berjalan. Secara sederhana bisa dikatakan kemampuan mesin membawa beban / kemampuan untuk menggerakkan mobil dari keadaan diam. Sedangkan power adalah seberapa cepat kendaraan itu mencapai kecepatan tertentu. 

Konsumen yang melakukan dyno test ini biasanya adalah para produsen kendaraan atau bengkel besar yang memiliki jasa modifikasi kendaraan. Dyno test juga diperlukan untuk para pembalap/tuner atau masyarakat umum sekalipun. Untuk masyarakat umum yang menyukai modifikasi kendaraan, mereka perlu melakukan pengujian untuk memastikan hasil dari modifikasi peningkatan performa kendaraannya tersebut. Sehingga, mereka tidak merasa dirugikan ataupun dibohongi dengan produk yang mereka beli untuk meningkatkan performa kendaraan mereka. 

 

komputer control dyno test

Dyno test sendiri terbagi menjadi 2 macam yaitu :

Engine Dynamometer

Adalah alat uji yang biasa digunakan untuk mengukur kekuatan mesin atau kecepatan rotasi mesin (RPM) dan untuk pengujian kelayakan dari mesin. Pada engine dynamometer output mesin langsung dipasang ke alat dyno, dan pengujiannya sebelum mesin dipasang pada body kendaraan. Selain hanya digunakan untuk pengukuran rotasi mesin dan kekuatan mesin sederhana, engine dynamometer juga dapat digunakan untuk pengembangan mesin secara lanjut seperti kalibrasi pengendali mesin, penyelidikan terperinci mengenai perilaku dan tribology pembakaran mesin itu sendiri.

Baca Juga : Manfaat ECO Racing dalam menghilangkan Gas CO

Chassis Dynamometer

Chassis dynamometer adalah pengujian yang dilakukan setelah mesin sudah dipasangkan ke body kendaraan. Terdapat sebuah perangkat untuk melakukan pengujian dan pengukuran untuk mensimulasikan jalan di lingkungan yang terkendali, terutama di dalam gedung.

Perangkat mesin yang mendukung kinerja dyno test diantaranya roller, blower, sistem pengaman, dan pengunci motor agar tidak goyang saat motor digas penuh di atas mesin dyno. Hasil dari pengujian tersebut selanjutnya ditampilkan pada layar komputer.

 

uji test eco racing

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

21:00