Cara Peningkatan dan Pengertian Oktan

 

 

ECO Racing Jogja – RON adalah kepanjangan dari Research Octane Number, atau yang biasa kita kenal dengan Oktan. Menurut Wikipedia Nilai Oktan adalah suatu angka yang menunjukan seberapa besar tekanan udara yang mampu diberikan sebelum bensin tebakar dengan spontan. Jadi bisa dibilang besar kecilnya nilai oktan akan menentukan apakah bensin mudah terbakar atau tidak. Dan semakin tinggi nilai Oktan semakin baik juga kinerja mesin kendaraan. Jika nilai oktan rendah, maka di tekanan udara rendah bensin pun akan bisa terbakar secara sendirinya.Jika nilai oktannya tinggi, maka bensin dapat terbakar dalam sendirinya di tekanan yang lebih tinggi.

Penentuan nilai oktan ditetapkan oleh badan RON dengan mengisi bensin yang akan diuji kedalam mesin uji. Mesin uji tersebut memiliki tekanan bervariasi, dan dengan ini akan diketahui pada tekanan berapa bensin akan terbakar. Tekanan kompresi yang tinggi, akan menghasilkan pemakaran dengan daya ledak tinggi dan emisi(gas buang) yang rendah. Namun mesin dengan tekanan kompresi tinggi memerlukan bensin dengan oktan yang lebih tinggi pula. Inilah tujuan penetapan nilai oktan, agar tidak salah memilih bahan bakar.

Baca Juga :  Manfaat ECO Racing dalam menghilangkan Gas CO

Jika Mesin dengan Tekanan Kompresi Tinggi di beri bensin yang beroktan rendah, maka akan terjadi engine knocking atau biasa disebut mesin ngelitik. Mesin ngelitik adalah kondisi dimana bensin terbakar sebelum busi menyala karena tekanan dan suhu udara didalam ruang bakar melebihi titik nyala bensin. Dan hal ini dapat menyebabkan mesin kendaran bisa cepat rusak. Pembakaran yang sempurna terjadi jika BBM memiliki nilai Oktan yang sesuai dengan Compression Ratio kendaraan yang digunakan.

 

Cara menaikkan Nilai Oktan 

Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk menaikkan Nilai Oktan pada bahan bakar bensin :

  • Menambahkan zat additive kedalam bensin
  • Mencampurkan bensin beroktan rendah dengan bensin beroktan tinggi

Rekomendasi Penghemat Bahan Bakar yang bisa meningkatkan Nilai Oktan dengan Zat Aditif yang aman digunakan dan sudah terbukti manfaatnya adalah ECO Racing. Eco racing juga dilengkapi dengan zat aditif yang bisa mereduksi kerak pada mesin, tangki dan saluran bahan bakar, dan mengurangi residu emisi gas CO hingga 100%. 

 

 

Tabel Kompresi RON

ecoracingjogja.co.idSemakin tinggi Kompresi Mesin, semakin tinggi juga kebutuhan RON(Nilai Oktan). Saat ini kendaraan keluaran 2009 rata-rata sudah memiliki Kompresi mesin yang tinggi minimal 9:1 bahkan 11:1 dst. Jadi butuh BBM dengan RON tinggi. Jika dipaksa untuk menggunakan BBM dengan Nilai Oktan lebih rendah maka berakibat Knocking. Knocking adalah terbakarnya campuran bensin dan udara di ruang bakar karena tekanan piston sebelum mendapat percikan api dari busi (Terbakar terlalu cepat sebelum waktunya). Eco Racing memberikan solusi untuk Masyarakat yang masih memilih BBM Murah dengan RON rendah atau subsidi. 

 

 

Baca Artikel Lain :  ECO Racing Diesel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20:32